Rabu, 21 Februari 2018

Ini Detail Beda Yaris Model Usang Dan Baru

Ini Detail Beda Yaris Model Lama dan BaruFoto: Rengga Sancaya

Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]

Toyota merombak hatchback Toyota Yaris besar-besaran dan menambah fitur yang sebelumnya tidak ada di model lama.

"Kalau berbicara minor change kan biasanya hanya bab fascia saja yang diubah, tapi untuk Yaris ini kita kasih nama big minor change," ujar Product Knowledge Toyota Astra Motor (TAM), Tommy Hermansyah di Jakarta.

Dari beberapa perubahan tersebut, yang paling kuat kata Tommy ada pada rangka dan sasis kendaraan beroda empat yang menciptakan kendaraan beroda empat lebih stabil dikendarai.

"Di mana pada ketika mereka mencicipi kendaraan beroda empat itu beliau kayak ngerasa nyaman terus beliau agile dan handling stability-ya bagus, makanya beberapa part di bab kaki-kaki terus di bab rangka body, sasis, diubah supaya kendaraan beroda empat lebih yummy dan fun to drive," katamya.

Yang terang terlihat juga ubahan pada bab eksterior kendaraan beroda empat di segmen hatchback ini meliputi grille, lampu, dan pilar di Toyota Yaris. "Makanya pilar paling belakang, pilar C nya juga berubah kan, eksterior juga diubah sesuai dengan yang sekarang," ucap Tommy.

Selain itu, ubahan selanjutnya dilakukan pada bab crossbar depan. "Jadi bekerjsama kita bilang bracket, di antara sisi kanan, sisi kiri, di bawah dasbor itu, dudukannya kita tebalkan supaya lebih gigit," ungkap Tommy.

Kemudian ada juga penambahan spot welding atau titik pengelasan. Kata Tommy penambahan spot welding ini akan meredam getaran.

"Jadi bila di kendaraan beroda empat kan banyak tuh pelat-pelatnya yang dipasang berlapis-lapis dan spot weldingnya kita tambahin, supaya kendaraan beroda empat itu gesekannya, goyangannya lebih rendah, dan itu ditambahin di semua rangka titik-titik spot weldingnya, pengelasannya ditambahin," tuturnya.

"Kalau berapa persen (penambahan) nya saya kurang tahu, namun dari pabrikan proporsinya kita memang setting tidak terlalu keras banget tapi masih enak," tambah Tommy.

Tak ketinggalan bab bawah mobil, pada Toyota Yaris anyar ini punya lebih banyak dua pengait ketimbang model Yaris sebelumnya. Ubahan ini juga kuat pada kesetabilan menegmudi.

"kita tambahin empat pengait dari dua pengait, dan underbody itu sangat kuat ke handling stability, jadi handling stability sangat membantu," papar Tommy.

Toyota Yaris 2018Toyota Yaris 2018 Foto: Rengga Sancaya


Untuk bab kaki-kaki, secara umum tidak berbeda dengan model Yaris sebelumnya. Hanya saja ada pengaturannya sedikit diubah, biar tetap yummy dikendarainya.

"Makanya Yaris (anyar) ini dirancang biar handling nya baiklah tapi tetap nyaman, nah bila kita teralu fokus ke handling stability, kadang kala kendaraan beroda empat jadi terlalu keras, apalagi jalanan di Indonesia, kan tidak terlalu mulus-mulus banget kan, jadi tetap dibikin nyaman, jadi suspensi itu ditunning supaya sanggup beliau masih enak," tutur Tommy.

Interior YarisInterior Yaris Foto: Rengga Sancaya


Masuk ke dalam interior, Yaris anyar ini diklaim lebih kedap suara. Hal itu alasannya ialah ada beberapa ubahan dari model Yaris sebelumnya, yakni penambahan isolasi atau penyekatan antara kabin ke mesin.

"Kekedapan juga ngaruh, kita sanggup feedback ini, customer itu ingin banget kekedapannya bagus, alasannya ialah berdasarkan mereka bila kendaraan beroda empat kedap mereka merasa hening di mobil, peace of mind," papar Tommy.

Foto: Rengga Sancaya



"Juga kita tambahin absorber, bagian-bagian yang absorber mereka akan menyerap suara, bukan hanya membatasi tapi juga sanggup menyerap suara," pungkasnya.

New Yaris mempertahankan mesin 2NR-FE yang mempunyai power maksimum 107 ps dan torsi 14,3 kgm. Untuk Fun to Drive yang lebih, pada New Yaris TRD Sportivo, pengaturan berkendara dilengkapi pilihan SPORT / ECO Mode.

Foto: Toyota


New Yaris hadir dengan Top Class Safety untuk menambah keamanan bagi seluruh penumpang melalui; 7 SRS Airbag, Vehicle Stability Control (VSC), Hill-Start Assist (HSA), Seatbelt Warning untuk pengemudi dan penumpang depan, Emergency Brake Signal (TRD Sportivo Grade), 3-point seatbelt for all passengers, Whiplash Injury Lessening, Anti-lock Breaking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Infografis Toyota YarisInfografis Toyota Yaris Foto: Andhika Akbarayansyah


Label:

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda