Cara Mengaktifkan Fitur Nfc Pada Hp Android

NFC merupakan kependekan dari Near Field Communication. NFC ini merupakan konektivitas yang berfungsi untuk menyambungkan atau menghubungkan dua perangkat dengan cara menyinggungkan atau mendekatkan dua perangkat tersebut. Jarak dua perangkat tersebut tidak berjauhan umumnya hanya beberapa sentimeter saja.

 NFC ini merupakan konektivitas yang berfungsi untuk menyambungkan atau menghubungkan dua  Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android

Contohnya HP dengan NFC akan menstransfer data berupa kontak, gambar, video ke HP lain yang juga punya NFC. Cara kerjanya seolah-olah dengan bluetooth. Hanya saja transfer memakai NFC lebih lancar dan terbebas dari gangguan.

NFC bukan hanya dipakai untuk transfer data antar HP yang sudah mempunyai NFC. NFC pada HP juga dapat berfungsi sebagai alat pembayaran, memindahkan jumlah saldo kartu e-money, jalan masuk gerbang kereta atau transportasi, dan sebagainya.

HP dengan NFC sudah banyak beredar. Umumnya HP dengan NFC ini ada di kelas smartphone menengah hingga flagship. Untuk kelas flagship, rasanya sudah hampir semua HP kelas atas punya fitur ini. Sementara untuk kelas menengah, beragam, ada yang sudah mendukung fitur NFC, ada juga yang sudah memasukan fitur NFC.

Ngomong-ngomong soal NFC, artikel berikut hanya berlaku untuk Anda yang sudah punya HP dengan fitur NFC. Mengapa? Karena pada kesempatan kali ini akan membahas perihal cara mengaktifkan NFC di HP Android.

Untuk mengetahui apakah HP Anda mendukung NFC atau tidak, Anda dapat cek bab belakang HP. Pada beberapa seri HP, goresan pena NFC akan muncul pada bab kawasan menyimpan baterai. Seri Sony Xperia umumnya mempunyai karakter “N” di bodi belakang ponsel yang menyatakan HP tersebut sudah mendukung NFC.

Kalau tidak ada, dapat cek spesifikasi HP dari situs kawasan HP Anda diproduksi, bila ada pemberian terhadap NFC berarti HP mendukung NFC. Cara mengaktifkan NFC sendiri ada 2 cara. Berikut penjelasannya

1. Cek di Pengaturan


 NFC ini merupakan konektivitas yang berfungsi untuk menyambungkan atau menghubungkan dua  Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android

Untuk mengaktifkan NFC di Android, langkah yang harus dilakukan yaitu sebagai berikut.

  1. Masuk ke bab “settings” atau “pengaturan.”
  2. Pilih “more settings” atau “pengaturan lainnya.”
  3. Di bab “pengaturan lainnya”, Anda akan melihat pilihan “NFC.”
  4. Pada beberapa HP Android, pilihan NFC ini ada di bab “pengaturan jaringan” atau “networks.”
  5. Masuk ke bab “berbagi & hubungkan” atau “share & connect.”
  6. Aktifkan NFC dengan cara menggeser ke posisi “on.”

2. Aktifkan pada Shortcut


 NFC ini merupakan konektivitas yang berfungsi untuk menyambungkan atau menghubungkan dua  Cara Mengaktifkan Fitur NFC pada HP Android

Cara kedua yaitu dengan eksklusif menyalakan NFC pada shortcut yang ada di bab atas, satu posisi dengan pengaturan untuk menyalakan “mobile data”, “buetooth”, dan “Wifi”, dan lainnya. Caranya dengan melaksanakan swipe ke bawah dan menemukan sajian NFC.

Baca juga

Posting Komentar