Mengenal Aldebaran, Bintang Yang 425 Kali Lebih Terperinci Dari Matahari

Aldebaran. Kredit: Fred Espenak, AstroPixels.com
 - Aldebaran merupakan bintang paling jelas di konstelasi Taurus, ia yaitu bintang yang sedang sekarat dan berukuran besar! Diameternya diperkirakan mencapai 40 kali diameter Matahari. Mari mengenalnya lebih jauh.

Nama Aldebaran sendiri berasal dari bahasa Arab (الدبران al-dabarān) yang mempunyai arti sebagai "Pengikut". Nama ini diberikan kepada sang bintang alasannya yaitu ia terbit segera sehabis gugus bintang Pleiades, jadi seolah bintang ini mengikuti ke manapun Pleiades pergi.

Aldebaran diklasifikasikan sebagai bintang tipe K5 III, yang menawarkan bahwa ia yaitu bintang raksasa berwarna merah yang telah berevolusi dari deret utama dalam diagram Hertzsprung-Russell. Diameter Aldebaran yaitu sekitar 61 juta kilometer.

Pengukuran oleh satelit Hipparcos menunjukkan, bintang Aldebaran terletak pada jarak sekitar 65,3 tahun cahaya (20,0 parsec) jauhnya dari Bumi. Model penelitian memperkirakan bahwa Aldebaran mempunyai massa sekitar 50% lebih besar dari Matahari dan bersinar dengan 425 kali luminositas Matahari.

Menariknya, Aldebaran mempunyai bintang pendamping kecil, sebuah bintang katai merah kelas-M, yang berjarak 3,5 hari cahaya dari Aldebaran.

Dengan kata lain, cahaya dari Aldebaran perlu melaksanakan perjalanan selama 3,5 hari untuk mencapai bintang pendamping tersebut. Berbeda dengan cahaya dari Matahari kita, yang membutuhkan 8 menit untuk melaksanakan perjalanan ke Bumi.

Wahana antariksa Pioneer 10 yang diluncurkan pada 2 Maret 1972 ketika ini diketahui sedang berada di jalur perjalanan menuju ke arah bintang Aldebaran. Diperkirakan Pioneer 10 akan mencapai bintang Aldebaran sekitar dua juta tahun dari sekarang.

Menemukan Aldebaran

Aldebaran praktis untuk ditemukan. Ia berada di rasi bintang Taurus yang bersebelahan dengan rasi bintang Orion. Cahayanya yang kemerahan dan terang, membuatnya praktis dikenali di langit malam.

Untuk menemukan Aldebaran dengan memanfaatkan rasi bintang Orion, pertama Anda harus temukan dulu tiga bintang berjejer di sabuk Orion. Kemudian tarik garis imajiner melalui sabuk ke arah kanan. Bintang jelas pertama berwarna kemerahan yang Anda lihat yaitu Aldebaran.

Aldebaran merupakan bintang paling jelas di langit malam ke-14. Bintang paling jelas di langit malam ke-1 ditempati oleh bintang Sirius.

Baca juga

Posting Komentar