Senin, 04 Juni 2018

Kabar Mars Nampak Sebesar Bulan Pada 27 Agustus Murni Hoax

Pembohongan publik yang lemah ilmu sains Kabar Mars Nampak Sebesar Bulan pada 27 Agustus Murni HOAX
Pembohongan publik yang lemah ilmu sains.
 - Kebohongan sains menjijikan ini muncul kembali. Setelah tahun kemudian --di momen yang sama-- kabar munculnya Planet Mars sebesar Bulan Purnama tersebar di sosial media.

Entah siapa yang memulai, para penyebar informasi ini menyampaikan biasanya menyerupai ini: "LIHAT MARS MUNCUL SEBESAR BULAN PURNAMA PADA 27 AGUSTUS! Akan sangat spektakuler! Hanya sekali seumur hidup!"

Kedengarannya memang luar biasa, bisakah itu mungkin saja benar?

Tentu saja, tidak bisa. Berita bohong (hoax) ini selalu muncul pada bulan Agustus semenjak tahun 2003, sebelas tahun yang lalu. Kenapa kita ini? Kenapa kita gampang dibohongi?

Mars tidak akan pernah dapat muncul sebesar Bulan Purnama kalau diamati dari Bumi. Bulan juga tidak dalam fase Purnama pada 27 Agustus 2014.

Diameter Mars di langit Bumi yaitu sekitar 1/140 diameter Bulan Purnama. Itu artinya, butuh 140 Planet Mars secara berjejer untuk sediameter Bulan.

Planet Mars berada sangat jauh dari Bumi. Sangat jauh. Untuk ke sana, dengan teknologi kita dikala ini, setidaknya membutuhkan 8 bulan sampai 1 tahun perjalanan.

Hal yang mustahil terjadi adalah, Mars muncul sebesar Purnama. Apa yang dapat membuatnya begitu? Tidak ada. Ia akan tetap berada di orbitnya dan muncul bagai bintang kemerahan di langit Bumi.

Jadi, sudah sadar kalau Anda dibohongi orang-orang yang tak bertanggung jawab? Perbanyak berguru sains semoga tidak gampang ditipu hal semacam ini.

Label: ,

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda